JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 6 No 2 (2023): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Juli 2023

Analisis Kemampuan Pemahaman onsep atematika Siswa Menggunakan Model Example Non Example di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Irma Kholiza Sitorus (Unknown)
Roslian Lubis (Unknown)
Sinar Depi Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui persentase siswa yang memahami konsep matematika siswa menggunakan model example non example. Penelitian ini dilakukan di kelas IX-2 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitan yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi lingkaran, wawancara dengan guru mata pelajaran matematika dan wawancara bersama beberapa siswa kelas IX-2 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunkan analisis data deskriptif. Dalam penelitian ini, analisis kemampuan siswa dalam memahami konsep maematika yaitu dengan mengelompokkan siswa dalam 3 kelompok, selanjutnya dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika. Yang manadibuktikan dengan 5 soal tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 29 siswa kelas IX-2 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan sebanyak 9,8% siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep, 5,10% siswa mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari sebuah konsep, 7,24% siswa mampu mengklarifikasikan objek menurut sifat-sifatnya, 4,03% siswa mampu menerapkan konsep secara algoritma pada soal nomor 4 dan 3,65% pada soal nomor 5.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...