Jurnal Sistem Informasi
Vol. 8 No. 1 (2012): Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System)

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI INFORMASI SEKOLAH MELALUI SMS GATEWAY DENGAN ZACHMAN FRAMEWORK

Hoga Saragih (Unknown)
Gusvita Gusvita (Unknown)
Bobby Reza (Unknown)
Didik Setiyadi (Unknown)
Rufman Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2013

Abstract

Dunia pendidikan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan cara mengembangkan Sistem Informasi distribusi informasi sekolah melalui SMS Gateway. Pendistribusian informasi melalui SMS Gateway diharapkan dapat mengoptimalkan sistem pendistribusian informasi yang sedang berjalan di SDS Gembala Baik I dan memudahkan orang tua murid dalam pengaksesan informasi sekolah. Pada penelitian ini dihasilkan sebuah rancangan sistem informasi distribusi informasi sekolah melalui SMS Gateway dengan alur proses perancangan menggunakan pendekatan Zachman Framework. Perancangan dimulai dengan dengan melakukan identifikasi kebutuhan sistem yang dimodelkan dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML), perancangan antar muka pengguna menggunakan Graphical User Interface (GUI) dan perancangan basis data. Hasil dari perancangan Sistem Informasi distribusi informasi Sekolah ini mempunyai tiga tab menu utama yaitu tab menu SMS Server, Pengumuman Umum dan Pengumuman Kelas. Hasil dari perancangan ini dapat digunakan sebagai acuan yang terstruktur untuk pembuatan coding program dan uji coba pengembangan sistem informasi distribusi informasi sekolah melalui SMS Gateway di SDS Gembala Baik I Pontianak.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System) aims to provide scientific literatures specifically on studies of applied research in information systems (IS)/information technology (IT) and public review of the development of theory, method and applied sciences related to the subject. The ...