Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 8, No 1 (2020): APRIL 2020

Refleksi Diri dan Pengetahuan Pedagogi Konten Guru Biologi SMP melalui Analisis Rekaman Video Pembelajaran

Ikmanda Nugraha (Unknown)
Ari Widodo (Unknown)
Riandi Riandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Kegiatan refleksi diri dapat membantu dan memfasilitasi guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.  Selain itu, masukan yang diperoleh oleh guru selama melakukan refleksi diri dapat meningkatkan pengetahuan pedagogi konten guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan rekaman video sebagai alat efektif praktik reflektif untuk guru. Subjek penelitian terdiri dari empat guru biologi yang telah terlibat dalam kegiatan lesson study di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kesamaan materi pembelajaran yang didokumentasikan pada kegiatan open lesson, yaitu pada materi sistem pernapasan manusia. Pada penelitian ini, subjek penelitian terlibat dalam dua kegiatan. Pertama, para peserta sebagai subjek penelitian melakukan analisis refleksi diri dari video pembelajaran mereka sendiri. Kedua, para peserta melakukan analisis refleksi diri menggunakan video pembelajaran dari guru lain. Data dianalisis dengan kategorisasi jawaban refleksi diri kemudian diikuti dengan kegiatan wawancara. Hasil wawancara kemudian ditranskrip untuk klarifikasi dengan hasil jawaban refleksi diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan analisis diri dengan menggunakan rekaman video menjadikan para guru menyadari kelebihan dan kekurangan sesi pembelajaran yang mereka lakukan dan memberikan ide-ide baru untuk perbaikan di masa mendatang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...