Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur dan Perencanaan
Vol 6, No 4 (2022): Volume 6, No.4, November 2022

Pemetaan Komponen Pariwisata (6A) Untuk Perencanaan Pengembangan Pariwisata (Studi Kasus: Gampong Naga Umbang, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar)

Zahlul Nugraha Meutuah (Unknown)
Irin Caisarina (Unknown)
Cut Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2023

Abstract

Provinsi Aceh memiliki beragam destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, namun pengembangan pariwisata berbasis masyarakat masih sangat minim ditemukan. Gampong Naga Umbang memiliki potensi pariwisata yang dapat dikembangkan, terletak diantara perbukitan karst, dilewati sungai Krueng Raba dan menawarkan pemandangan alam yang indah sehingga menjadi kekuatan daya tarik wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi eksisting pariwisata yang terdapat di Gampong Naga Umbang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data primer berasal dari observasi, pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan komponen pengembangan pariwisata 6A sebagai variabel penelitian yaitu attraction, amenities, accessibility, accomodation, activity, dan ancillary. Dari hasil analisis yang yang diperoleh, Gampong Naga Umbang memiliki daya tarik wisata alam dan budaya, wisata kuliner yang khas serta terdapat beberapa fasilitas penunjang pariwisata yang nantinya dapat dijadikan sebagai arahan untuk melihat potensi dan strategi pengembangan pariwisata berbasis masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ArsitekturPWK

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur dan Perencanaan (JIMAP) is a peer-reviewed academic journal published by the Department of Architecture and Planning, Faculty of Engineering, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. The journal presents design, research and development in the field of ...