Penulisan artikel ini bertujuan meneliti dan mengkaji kreatifitas pendidik dan juga motivasi belajar fiqih peserta didik. Metode penulisan artikel ini menggunakan pendekatan library research yaitu sebuah penelitian pustaka dimana dalam penelitian yang dilangsungkan memakai literatur (kepustakaan), yang berbentuk buku, jurnal, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Adapun hasil penelitian bahwa kreatifitas yang dapat dilakukan seorang pendidik untuk memotivasi peserta didik belajar fiqih diantaranya dengan metode diskusi (dalam menyelesaikan khilafiyah yaitu perbedaan pendapat dalam masalah tertentu), ceramah (dalam membahas teori seperti materi wudhu, shalat, puasa, haji dan lainnya), tanya jawab (dilakukan dengan materi yang telah dibahas), talqin ( strategi dalam hafalan doa maupun bacaan shalat dan lainnya), praktek uji coba (praktek gerakan wudhu, shalat, haji, mengurus jenazah dan lainnya). Adapun keberhasilan dalam beragam metode ini juga dipengaruhi beragam hal yang di antaranya kejelasan sebuah tujuan untuk dijadikan pegangan semua komponen pendidikan, keberadaan pendidik yang ideal, peserta didik, aktifitas belajar, adanya bahan evaluasi dan kondisi evaluasi (dikelompokkan sesuai tingkat, jumlah dan disilang).
Copyrights © 2023