ICO EDUSHA
Vol. 1 No. 1 (2020): INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION MANAGEMENT AND SHARIA ECONOMICS (ICO EDUS

STRATEGI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ALHIKMAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA GLOBALISASI DI BINANGUN SINGGAHAN TUBAN

Muhammad Ripin Ikhwandi (STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO)
Suyadi (STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO)
Tri Vida Kurniawati (STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Dalam kehidupan sosial kemanusian, pendidikan bukan hanya sebagai suatu upayauntuk melahirkan proses pembelajaran yang bermaksud membawa manusia menjadi sosokyang potensial secara intelektual (intellectual-oriented) melalui proses transfer of knowledgeyang kental. Akan tetapi, proses tersebut juga bermuara pada upaya pembentukan masyarakatyang berwatak, beretika, dan estetika melalui proses transfer of values yang terkandungdidalamnya. Dalam konteks ini, tampak nyata bahwa tujuan pendidikan khususnya pendidikanIslam berupaya untuk mengembangkan setiap aspek kehidupan manusia. Aspek-aspek tersebutmeliputi: spiritual, intelektual, imajinasi, keilmiahanHal itu juga berarti pula bahwa beban yangdipikul oleh lembaga pendidikan Islam akan semakin berat. Apalagi jika dikaitkan dengantujuan pendidikan Islam yang yang bermaksud membahagiakan manusia di dunia dan akhiratMerujuk pada latar belakang dan rumusan masalah tersebut, maka penulisan ini bertujuanuntuk: (1) Mengetahui strategi pendidikan yang diterapkan Pondok Pesantren Al HikmahBinangun Singgahan Tuban dalam menghadapi tantangan di era globalisasi. (2)Mengetahuifaktor pendukung dan penghambat terhadap strategi Pondok Pesantren Al Hikmah BinangunSinggahan Tuban dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prd

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Proceedings of Annual Conference for Education Management and Sharia Economics The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, education policy makers, and researchers. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education ...