Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping dan shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi di Kota Surakarta dan sampelnya adalah mahasiswi di Kota Surakarta yang pernah melakukan pembelian di restoran mie. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 200 orang. Analisis data menggunakan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) hedonic shopping berpengaruh positif terhadap positive emotion 2) shopping lifestyle berpengaruh positif terhadap positive emotion 3) hedonic shopping berpengaruh positif terhadap impulse buying 4) shopping lifestyle berpengaruh positif terhadap impulse buying 5) positive emotion berpengaruh positif terhadap impulse buying 6) positive emotion berpengaruh positif dalam memediasi hedonic shopping terhadap impulse buying 7) positive emotion berpengaruh positif dalam memediasi shopping lifestyle terhadap impulse buying. Strategi pemasar dalam memasarkan suatu produk menjadi kunci keberhasilan usahanya. Dapat diketahui jika pemasar mampu menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya impulse buying maka dapat meningkatkan penjualan dan laba perusahaan. Diyakini keinginan berbelanja untuk mengikuti tren kuliner dapat meningkatkan suasana hati yang positif setelah keinginannya terpenuhi.. Kata Kunci: hedonic shopping, shopping lifestyle, impulse buying, positive emotion
Copyrights © 2023