Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Meta-Analisis: Pengaruh E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajara IPA Di Indonesia

Yayat Suharyat (Universitas Islam 45 Bekasi)
Tomi Apra santosa (Universitas Negeri Padang)
Zulyusri Zulyusri (Universitas Negeri Padang)
suhaimi suhaimi (IAIN Kerinci)
Revi Gina Gunawan (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-modul berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam Pembelajara IPA di Indonesia. Penelitian ini adalah jenis penelitian meta-analisis. Data penelitian ini berasal dari analisis 14 artikel jurnal nasional yang telah terbit dari tahun 2019-2023. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari penelusuran jurnal dari google scholar, Eric dan Wiley journal. Teknik pengambilan data dengan observasi langsung dengan menelusuri jurnal yang mempunyai keterkaitan dengan variabel penelitian. Pencarian sumber menggunakan data kunci yaitu E-modul, pembelajaran problem based learning dan bahan ajar. Analisis data adalah analisis statistik deskriptif dengan aplikasi comprehensive meta-analysis (CMA). Analisis data dengan menghitung nilai effect size, mean, dan standar deviasi. Serta nilai N-gain. Hasil penelitian dapat disimpulkan pengembangan e-modul dalam pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai effect size sebesar 1.105 , nilai rata-rata siswa sebesar 77.5 , Standdar deviasi sebesar 0.23 dan N-gain sebesar 0.66. Pengembangam e-modul ini menjadi solusi utama dalam memperbaiki kualitas pembelajaran di Indonesia. Tak hanya itu, e-modul memberikan hasil positif dalam mendorong hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...