Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd N 245 Palembang

Shinta Agustina Wati (Universitas PGRI Palembang)
Tanzimah Tanzimah (Universitas PGRI Palembang)
Noviati Noviati (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi antara Guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 245 Palembang. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara komunikasi guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan angket. Rata-rata persentase komunikasi guru dan siswa sebesar 82,40% dengan kategori baik, sedangkan rata-rata persentase motivasi belajar siswa sebesar 82,90 kategori baik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan persamaan garis regresinya ? = 29,448 + 0,559 X. Hasil analisis varians regresinya diperoleh nilai Freg sebesar 19,57, kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai sebesar 4,105 karena Freg>Ftabel maka persamaan garis regresi tersebut menunjukkan signifikan. Hal ini berarti Hipotesis (Ha) menyatakan “Ada pengaruh komunikasi antara guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 245 Palembang” diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...