Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning berbantu media konkrit terhadap minat belajar siswa kelas III SD Karanganyar Gunung 02. Adapun media konkret yang digunakan yaitu berupa miniature lingkungan rumah kotor. Desain penelitian dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pada hasil penelitian dapat diketahui selama proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantu media konkrit mendapatkan respon yang baik dengan aspek aktif, perasaan senang, partisipasi dan ketertarikan mendapatkan respon yang baik dengan presentasi rata-rata diatas 80%, model PBL mampu memberikan dampak positif membuat siswa dapat berfikir kritis dalam menyelesaiakn masalah. Model PBL merupakan salah satu variasi model pembelajaran yang baik untuk digunakan sehingga materi dapat mudah dipahami, dengan adanya model PBL berbantu media konkrit membantu meningkatkan minat belajar siswa
Copyrights © 2023