Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pola Penerapan Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik

Jihan Jihan (UIN Datokarama)
Misbahuddin Jamal (IAIN Manado)
Muhajir Musa (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Darmawati Darmawati (Universitas Sulawesi Barat)
Muhammadong Muhammadong (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Pada penelitian ini, dibahas tentang cara menerapkan konsep merdeka belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) guna memberi peningkatan kreativitas peserta didik. Metode penelitian yang dipergunakan ialah penelitian deskriptif kuantitatif yang sering disebut model penelitian naturalistik. Temuan penelitian memperlihatkan jika di SMA Negeri, pembelajaran PAI sudah mengadopsi pendekatan pembelajaran serta penilaian yang memperhatikan kemandirian siswa, sebagai implementasi dari konsep merdeka belajar. Dampak dari penerapan konsep merdeka belajar ini positif terhadap peningkatan kreativitas peserta didik, sehingga pembelajaran PAI menjadi lebih menarik, bermutu, serta berarti. Hal itu dikarenakan peserta didik yang menerapkan merdeka belajar mempunyai kemampuan berpikir kritis, sensitivitas emosional, bakat, serta imajinasi yang tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...