NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 4 (2023): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

PENGARUH BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (BSPS) DI NAGARI SUNGAI TARAB, KECAMATAN SUNGAI TARAB, KABUPATEN TANAH DATAR, PROVINSI SUMATERA BARAT (Studi pada Penerima Bantuan Tahun 2017)

Millati Fauzana (Universitas Riau)
Resdati Resdati (Universitas Riau)
Yusmar Yusuf (Universitas Riau)
Syafrizal Syafrizal (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Kondisi hunian masyarakat yang buruk akan berdampak pada kesehatan, masalah sosial, dan menurunnya kesejahteraan. Dalam rangka meminimalisasi hal tersebut pemerintah mencanangkan sebuah program bantuan rumah yang disebut dengan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan bantuan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hunian masyarakat dengan asas gotong-royong. Penelitian ini dilakukan di Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi dengan adanya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya yang meliputi aspek terhadap kehidupan sosial dan apa saja yang menjadi faktor keberhasilan pembangunan rumah melalui program BSPS. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini berjumlah 106 penerima bantuan dengan sampel 51 penerima bantuan yang dipilih dengan teknik proposional sampling. Data tersebut dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan demikian, diperoleh hasil bahwa pengaruh BSPS terhadap kehidupan sosial penerima bantuan yang terdiri atas penerima bantuan dengan keluarga besar dan penerima bantuan dengan masyakarat termasuk dalam kategori rendah. Selanjutnya, indikator yang menentukan keberhasilan pembangunan rumah dengan program BSPS, yang paling berpengaruh adalah kualitas rumah dengan persentase 98,0%. Adanya program BSPS memberikan pengaruh kepada masyarakat yaitu tercapainya standar sehat dari rumah yang dibangun dan meningkatkan solidaritas bagi penerima bantuan yang melaksanakan gotong royong.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...