Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2023): MEI

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-AMIN LAWE CIMANOK ACEH SELATAN

Asvi Raihan (Mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala)
Bahrun . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Siti Naila Fauzia (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Khoiriyah . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Rahmi . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Keywords: Teacher Strategy, Language Skills, Early ChildhoodThe research entitled "Teachers' Strategies in Developing Language Skills in Children aged 5-6 Years at Al-Amin Lawe Kindergarten Cimanok South Aceh" raises the issue of how the teacher's strategy in developing language skills in children aged 5-6 years at Al-Amin Lawe Kindergarten Cimanok. This study aims to see what strategies are used by teachers in developing language skills in children aged 5-6 years at Al-Amin Lawe Kindergarten, Cimanok, South Aceh. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. The subjects of this study were 4 kindergarten teachers, while the object of this research was the teacher's strategy in developing language skills in children. The data in this study were obtained through observation and interview techniques. Data analysis uses data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of data analysis show that the strategy used by teachers at Al-Amin Lawe Kindergarten, Cimanok, South Aceh in developing children's language skills is by using learning methods, namely storytelling and question and answer. The method of storytelling and question and answer can be done by teachers with children in the learning process in the classroom. Another strategy used by the teacher is the use of learning media, namely story books, APE and natural materials around the school yard. Another strategy used by teachers is teaching vocabulary to children, each teacher has a different way of teaching vocabulary to children. The language skills of children aged 5-6 years at Al-Amin Kindergarten have developed very well, where children already understand letter symbols, are able to write and read their own names.Abstrak. Penelitian yang berjudul “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Amin Lawe Cimanok Aceh Selatan” ini mengangkat masalah bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Amin Lawe Cimanok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi apa yang yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa  pada anak usia 5-6 tahun di TK Al- Amin Lawe Cimanok Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini 4 orang guru TK, adapun objek penelitian ini adalah strategi guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan Strategi yang dilakukan guru di TK Al-Amin Lawe Cimanok Aceh Selatan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak yaitu dengan melakukan metode pembelajaran yaitu bercerita dan tanya jawab.ABSTRAKMetode bercerita dan tanya jawab dapat dilakukan oleh guru dengan anak dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Strategi lain yang digunakan guru adalah penggunaan media pembelajaran yaitu buku cerita, APE dan bahan alam yang ada di sekitar perkarangan sekolah. Strategi lain yang juga digunakan oleh guru adalah mengajarkan kosa kata kepada anak, setiap guru memiliki cara yang berbeda dalam mengajarkan kosakata kepada anak. Kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Al-Amin sudah berkembang dengan sangat baik, di mana anak sudah memahami simbol-simbol huruf, sudah bisa menulis dan membaca nama sendiri.Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini

Copyrights © 2023