Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning Mapel Matematika Kelas II SD Negeri Balirejo Tahun 2022/2023

Nani Agustin (Universitas Ahmad Dahlan)
Kirana Prama Dewi (Universitas Ahmad Dahlan)
Dheni Eka Candrawati (SD Negeri Balirejo)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, ditemukan hasil pengamatan bahwa kurangnya ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran matematika, nilai hasil belajar peserta didik masih rendah, dan metode yang digunakan sudah bervariasi akan tetapi hasil yang diperoleh belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalaui model pembelajaran project based learning. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 19 peserta didik kelas II. Instrumen yang digunakan terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I pertemuan 1 sebesar 47,37%, siklus I pertemuan 2 sebesar 63,15%. Perolehan siklus II pertemuan 1 sebesar 73,68%, siklus II pertemuan 2 sebesar 89,47% dengan kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 42,10%, siklus I 52,63% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,57% menunjukkan ketercapaian indikator keberhasilan sangat baik. Dapat disimpulkan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...