Deliberatio : Jurnal Mahasiswa Komunikasi
Vol 3 No 1 (2023): April 2023

KONVERGENSI SIMBOLIK DALAM MEMBANGUN KOHESIVITAS KELOMPOK : (ANALISIS TEMA FANTASI ERNEST BORMANN PADA KOMUNITAS TEMAN BELAJAR REMAJA KOTA KUPANG ATAU TeBe RK)

Claudia Berliana Apong (Unversitas Nusa Cendana)
Liliwery Aloysius (Universitas Nusa Cendana)
Maria V.D. Phaba Swan (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan tema-tema fantasi yang terbentuk dan menganalisis konvergensi simbolik dalam membangun kohesivitas Komunitas Teman Belajar Remaja Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teori konvergensi simbolik dan metode analisis tema fantasi Ernest Bormann. Penelitian ini berfokus pada kohesivitas dan tema-tema fantasi yang ada pada komunitas TeBe RK. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang pertama, adanya tiga tema fantasi didalam komunitas TeBe RK yang meliputi tema fantasi, rantai fantasi dan tipe fantasi. Kedua, adanya simbol-simbol verbal dan non verbal yang dapat membentuk tema-tema fantasi pada Komunitas TeBe RK. Dengan demikian dari tema-tema fantasi dan simbol-simbol yang ada dalam komunitas TeBe RK maka terbentuklah kohesivitas dimana adanya daya tarik baik positif maupun negatif dari anggota kelompok yang membuat komunitas tersebut tetap bertahan dan kompak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Deliberatio merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT sejak 2021 dengan ISSN (Printed): 2808-1897 dan ISSN (online-elektronik): 2986-8092. Jurnal ini ditujukan untuk mengembangkan dan ...