Deliberatio : Jurnal Mahasiswa Komunikasi
Vol 3 No 1 (2023): April 2023

STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN : (STUDI KASUS PADA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS III KUPANG)

Rukmini karim (Universitas Nusa Cendana)
Monika Wutun (Universitas Nusa Cendana)
I.G.A Rina Pietriani (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Humas kantor Kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan untuk mengetahui bagaimana Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan bekerjasama dengan publik eksternal. Teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini adalah teori Relationship Management. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi Humas yang dilakukan kantor KSOP yaitu pertama menganali sasdaran komunitas, menentukan teknik komunikasi, dan kredibilitas sumber. Kedua membuat akun media sosial untuk mempublikasisakn terkait kualitas pelayanan yang diberikan kantor KSOP kepada pengguna/masyarakat. Dan ketiga memberikan sosialisasi kepada pengguna jasa/masyarakat terkait kualitas pelayanan. Sedangkan kerja sama kantor KSOP dengan publik eksternal untuk meningkatkan kualitas pelayanan yaitu hubungan dengan pengguna jasa, dan hubungan dengan media dan pers.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Deliberatio merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT sejak 2021 dengan ISSN (Printed): 2808-1897 dan ISSN (online-elektronik): 2986-8092. Jurnal ini ditujukan untuk mengembangkan dan ...