Seiring berkembangnya teknologi, berbagai kegiatan manusia yang pada awalnya dilakukan secara tradisional atau konvensional perlahan mulai beralih ke kegiatan berbasis teknologi atau digital. Salah satu contoh kegiatan berbasis digital yang sering ditemui adalah pemasaran digital atau digital marketing yang merupakan kegiatan pemasaran untuk menginformasikan atau meningkatkan kesadaran akan produk melalui media sosial atau platform digital lainnya. Jully Jastip merupakan salah satu UMKM yang menerapkan pemasaran digital dalam proses bisnisnya. Namun dalam penerapannya, menurut beberapa pelanggannya masih kurang menarik perhatian. Melalui kegiatan implementasi pemasaran digital ini, upaya yang dilakukan adalah dengan memperbaiki dan melakukan desain ulang media sosial terutama Instagram Jully Jastip agar lebih menarik perhatian pelanggan yang dimana menurut hasil wawancara dengan pemilik UMKM, hasil dari kegiatan implementasi ini meningkatkan penjualan UMKM Jully Jastip walaupun tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif, salah satu cara pemasaran yang dapat dilakukan dan sering digunakan pada saat ini oleh para pelaku usaha adalah dengan melakukan endorse selebgram untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atau brand awareness mengenai Jully Jastip. Upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat diperlukan guna meningkatkan minat masyarakat atau calon pelanggan untuk menggunakan jasa dari UMKM Jully Jastip.Kata kunci: Jasa Titip; Pemasaran; Pemasaran Digital; UMKM
Copyrights © 2023