Bosowa Journal of Education
Vol 3 No 2 (2023): Bosowa Journal of Education, Juni 2023

Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo

Mahathir Muhammad (Sekolah Dasar Inpres Pannampu II Makassar)
Sundari Hamid (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)
Andi Hamsiah (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran berbasis youtube terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V Di UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis youtube. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-experimental design dengan desain penelitian non-equivalent pretest posttest control grup design pendekatan kuantitatif.  Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SPF SD INPRES Pannampu III, Kecamatan Tallo, Kota Makassar dengan jumlah siswa 42 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 26 orang perempuan.  Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan tabel multivariate test dalam uji manova diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka H0 di tolak dan Ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan minat dan hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SD INPRES Pannampu III dengan menggunakan media pembelajaran berbasis youtube. This study aims to describe YouTube-based learning media for the interests and learning outcomes of class V students at UPT SPF SD Inpres Pannampu II, Pannampu Village, Tallo District, before and after using YouTube-based learning media. The type of research used is Quasi-Experimental Design research with a non-Equivalent Pretest Posttest Control Research Research Design Group Design Quantitative Approach. At the same time, the sample of this study was a class V student of UPT SPF SD Inpres Pannampu III, Tallo District, Makassar City, with several 42 students consisting of 16 men and 26 women. The results showed that learning media affected students' interests and learning outcomes on temperature and heat material. A sig value was obtained based on the Multivariate Test table in the Manova test. 0,000 <0.05, then H0 is rejected, and Ha is accepted. So it can be concluded that there are significant differences in the interests and learning outcomes of students of class V UPT SPF SD Inpres Pannampu III using YouTube-based learning media.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...