Permasalahan terjadi di MTs Al-Mahsun Khidir NW Dasan Tapen Gerung Kabupaten Lombok Barat, dimana penggunaan media masih bersifat konvensional seperti buku paket atau LKS sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM. Pada proses pembelajaran dimana hasil belajar siswa belum dikatakan optimal, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga proses belajar mengajar terlalu monoton dan kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media video tutorial berbasis camtasia terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA terpadu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Al-Mahsun Khidir yang berjumlah 15 orang. Metode untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi populasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode utama dan metode dokumentasi merupakan metode pendukung. Tekni analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 8, 880 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan N=15-1=14 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (8,880 > 2,145), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada pengaruh media video tutorial berbasis camtasia terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA terpadu di MTs Al-Mahsun Khidir, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.
Copyrights © 2022