Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2023): February

PENGARUH KONSELING GESTALT TERHADAP KESADARAN PENGGUNA GAGDET PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 MATARAM

Baiq Desi Arisandi (Universitas Pendidikan Mandalika)
Ani Endriani (Universitas Pendidikan Mandalika)
Ni Ketut Alit Suarti (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Permasalahan penelitian yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam menggunakan gadget sehingga menimbulkan berbagai implikasi buruk bagi individu siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Mataram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling gestalt terhadap kesadaran pengguna gadget pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 mataram. Populasi penelitian sebanyak 205 siswa. Metode penentuan sampel penelitian adalah purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan antara lain; 1) kuisioner; 2) observasi; 3) studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data dari sampel yang diuji menggunakan rumus uji t diperoleh data t-hitung sebesar 5,481, dengan nilai t-tabel dengan taraf signifikan 5% dimana db (N-1) = 21 sebesar 2,080. Hasil analisis data menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari nilai-t tabel (5,481>2,080), sehingga hasil penelitian ini dinyatakan signifikan. Maka simpulan hipotesis penelitian dimana H0 ditolak dan Ha diterima bahwa, ada pengaruh konseling gestalt terhadap kesadaran pengguna gadget siswa kelas VIII MTs Negeri 2 mataram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...