Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2023): May

HUBUNGAN PEMAHAMAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 MATARAM

Yeni Apriani (Universitas Pendidikan Mandalika)
Sarilah Sarilah (Universitas Pendidikan Mandalika)
Ni Ketut Alit Suarti (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Permasalahan yaitu kurangnya pemahaman diri dan kemandirian belajar sehingga dalam proses pembelajaran siswa sering tidak percaya diri terhadap potensi diri. Kemandirian belajar dapat ditingkatkan melalui kepercayaan diri maupun kemampuan diri siswa sehingga tercipta kondisi belajar yang kondusif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman diri dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP negeri 11 mataram. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 168 siswa. Teknik penentuan sampel yaitu propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai data primer. Sedangkan, observasi dan studi dokumentasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data rxy hitung sebesar 0,484 dengan nilai r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan (N=68) dibulatkan menjadi 70 sebesar 0,235 dengan demikian nilai rxy hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,484>0,235) sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara pemahaman diri dengan kemandirian belaljar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram, serta dinyatakan signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...