Permasalahan yaitu kurangnya pemahaman diri dan kemandirian belajar sehingga dalam proses pembelajaran siswa sering tidak percaya diri terhadap potensi diri. Kemandirian belajar dapat ditingkatkan melalui kepercayaan diri maupun kemampuan diri siswa sehingga tercipta kondisi belajar yang kondusif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pemahaman diri dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP negeri 11 mataram. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 168 siswa. Teknik penentuan sampel yaitu propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai data primer. Sedangkan, observasi dan studi dokumentasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data rxy hitung sebesar 0,484 dengan nilai r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan (N=68) dibulatkan menjadi 70 sebesar 0,235 dengan demikian nilai rxy hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,484>0,235) sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara pemahaman diri dengan kemandirian belaljar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram, serta dinyatakan signifikan.
Copyrights © 2023