Jurnal Economica: Media Komunikasi ISEI Riau
Vol. 11 No. 1 (2023): Jurnal Economica, April 2023

PENGARUH PERSEPSI NILAI DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP LOYALITAS DAN BRAND SWITCHING GEN MILLENEAL DALAM MEMILIH PROVIDER TELEKOMUNIKASI

Zulham Azhar (Universitas Riau)
Zulkarnain Zulkarnain (Universitas Riau)
Edyanus Herman Halim (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi nilai, brand personality terhadap loyalitas dan brand switching gen millennial dalam memilih provider telekomunikasi. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan rancangan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah gen mileneal yang menggunakan provider telekomunikasi yang berdomisili di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Sampel dalam penelitian adalah 150 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling dari 15 kecamatan di Kota Pekanbaru yang merujuk pada beberapa kriteria. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan SEM-PLS. Alat analisis menggunakan WarpPLS untuk menanalisis mediasi pada model penelitian yang diteliti. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) persepsi nilai berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas gen milleneal dalam memilih provider telekomunikasi; (2) Brand personality berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas gen milleneal dalam memilih provider telekomunikasi; (3) persepsi nilai berpengaruh positif signifikan terhadap brand switching gen milleneal dalam memilih provider telekomunikasi; (4) Brand personality positif signifikan terhadap brand switching gen milleneal dalam memilih provider telekomunikasi; (5) loyalitas berpengaruh positif signifikan terhadap brand switching gen milleneal dalam memilih provider telekomunikasi; (6) loyalitas mampu memediasi secara parsial pengaruh antara persepsi nilai terhadap brand switching gen milleneal dalam memilih provider telekomunikasi; (7) loyalitas mampu memediasi secara parsial pengaruh antara brand personality terhadap brand switching gen milleneal dalam memilih provider telekomunikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economica

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economica menerbitkan artikel bidang ekonomi seperti berikut, namun tidak terbatas pada: Sosial Ekonomi Ekonomi Kreatif Ekonomi Pembangunan Pemasaran Manajemen Kebijakan Publik Akuntansi Keuangan e-commerce Bisnis Internasional ...