Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan strategi pembelajaran Suggestopedia dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 26 Tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS murid kelas V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan . prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN 26 Tolitoli berjumlah 26 orang, dengan rincian 15 murid laki-laki dan 13 murid perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar murid sebesar 65,45 berada dalam kategori sedang pada siklus I, kemudian meningkat menjad i 87,50 dalam kategori tinggi pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penerapan Strategi pembelajaran Suggestopedia dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 26 Tolitoli. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan hasil belajar IPAS murid kelas V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia mengalami peningkatan.
Copyrights © 2023