Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2023): Juni 2023 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan

Implementasi Computational Thinking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mapel Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Demangan

Nuni Afnyya (Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma)
Christiyanti Aprinastuti (Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan metode berfikir computational thinking pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Ide Pokok Siswa Kelas III b SD Negeri Demangan Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan bentuk penelitian tindakan yang diterapkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Populasinya adalah seluruh siswa/i di kelas III A SD Negeri Demangan Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan analisis varian, hasil temuan ini menunjukkan: 1). Hasil belajar siswa kelas III b pelajaran bahasa indonesia materi jenis paragraf sebelum menggunakan metode berfikir computational thinking belum terbukti memuaskan 2). Penerapan metode berfikir computational thinking berjalan sesuai dengan yang diharapkan yakni sejalan dengan rancangan penelitian yang telah dirancang dan direspon dengan baik oleh siswa kelas III b, 3). Penerapan metode berfikir computational thinking sangat tepat untuk digunakan karena hasil belajar yang diperoleh meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is ...