Kelimutu Journal of Community Service
Vol 1 No 1 (2021): November

Bahaya Narkoba bagi Remaja dan Pelajar untuk Mencegah dan Meningkatkan Pengetahuan Santri Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Putra Aisyiyah Kupang

Abdul Majid (Fakultas Kesehatan, Universitas Citra Bangsa)
Frans Salesman (Fakultas Kesehatan, Universitas Citra Bangsa)
Vinsen Belawa Making (Fakultas Kesehatan, Universitas Citra Bangsa)
Arman Rifat Lette (Fakultas Kesehatan, Universitas Citra Bangsa)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya merupakan singkatan dari NAPZA yaitu zat kimia yang apabila masuk kedalam tubuh manusia baik dengan berbagai cara, baik dihisap, dihirup, diminum atau disuntikkan dapat berpengaruh pada pikiran, emosi, dan Tindakan. Kalangan pelajar yang berada pada kelompok usia remaja memiliki emosi yang masih labil sehingga sangat rentan untuk menyalahgunakan NAPZA. Tujuan khusus dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: Untuk meningkatan pengetahuan Santri Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Putra Aisyiyah Kupang, tentang bahaya narkoba bagi remaja dan pelajar, dan Untuk mencegahan kebiasaan dan bahaya narkoba bagi remaja dan pelajar. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah penyuluhan Kesehatan. tentang bahaya narkoba bagi remaja dan pelajar. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada Sabtu, 05 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Pondok, dua orang ustadz dan santri Pesantren/Panti Asuhan Putra Aisyiyah Kupang sebanyak 36 orang. Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan terjadi peningkatan pengetahuan peserta tentang bahaya NAPZA pada remaja dan pelajar. Perlu dilakukan kegiatan yang sama di lingkungan atau di tempat-tempat yang lain atau di sekola-sekolah lain untuk meningkatkan pengetahuan dan mencegah atau mengatasi agar terhindar dari bahaya narkoba bagi remaja dan pelajar lebih dini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...