Kelimutu Journal of Community Service
Vol 2 No 1 (2022): Mei

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Kupang

Taty R. Koroh (Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Andriyani A. Dua Lehan (Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Sarah Nurhabibah (Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Netty E. A. Nawa (Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
09 May 2022

Abstract

Karya tulis ilmiah yang dihasilkan guru masih jauh dari harapan, baik dari segi jumlah maupun kualitasnya. Rata-rata guru masih mengalami kendala kenaikan pangkat berikutnya, karena ada persyaratan menulis karya ilmiah (Kompas). Salah satu alternatif solusi yang dianggap dapat mengatasi masalah tersebut ialah melalui “Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi Guru SD di Kota Kupang”. Tujuan dari PKM ini ialah (1) terselenggaranya kegiatan pelatihan karya ilmiah bagi guru SD di kota Kupang, (2) peserta mampu menguasai konsep penulisan karya ilmiah, dan (3) peserta mampu merancang karya ilmiah. Metode dari kegiatan PKM ini berupa pelatihan penulisan karya ilmiah melalui ceramah, PBL, perancangan, serta penugasan. Hasil dari kegiatan PKM ini terdiri atas: (1) target peserta pelatihan adalah 20 orang guru SD di kota Kupang, namun karena banyak peminatnya panitia menambah kuota, sehingga dalam pelaksanaannya kegiatan ini diikuti oleh 109 orang guru, maka target jumlah peserta pelatihan adalah 100% (sangat baik); (2) dalam kurun waktu satu minggu sebanyak 17 orang guru (85%) telah berusaha menulis karya ilmiah dari 20 target guru; (3) ketercapaian target materi pada kegiatan ini dapat dinilai baik (90%); dan (4) kemampuan peserta dalam penguasaan materi dinilai baik (85%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...