Journal Economic Education, Business and Accounting
Vol 1 No 2 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI PENGERTIAN DAN MANFAAT PENDAPATAN NASIONAL DI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022

jacob abolladaka (Undana)
monica bellandina abolla (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Mind mapping (peta pikiran) atau peta konsep merupakan salah satu metode atau cara mengajar yang menumbuhkan kreativitas peserta didik. Dengan metode ini daya ingat siswa mengenai materi dapat lebih lama dan mudah disimpan. Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui peninngkatan hasil belajar pada materi pengertian dan manfaat pendapatan nasional, dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk melihat kecendurungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil peneltian pada tahapan siklus I sebanyak 18 orang siswa atau 41% dari 44 orang siwa dinyatakan belum tuntas, hal ini disebabkan penggunakan model yang kurang tepat. Sedangkan siklus II hasil belajar semua siswa dinyatakan tuntas, hal ini menggambarkan dalam proses pembelajaran menggunakan model mind mapping pada siklus II berhasil. Dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind mapping dalam mata pelajaran ekonomi dengan materi pengertian dan manfaat pendapatan nasional hasil belajar siswa meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEEBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) is a research base journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Negeri Jakarta Indonesia. The journal published two times per year in april and October. This journal started publishes since 2022. The scope and ...