cover
Contact Name
fernando saragih
Contact Email
jeeba@undana.ac.id
Phone
+62823692135
Journal Mail Official
fernando.saragih@staf.undana.ac.id
Editorial Address
https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/about/editorialTeam
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
ISSN : -     EISSN : 28295641     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) is a research base journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Negeri Jakarta Indonesia. The journal published two times per year in april and October. This journal started publishes since 2022. The scope and focus are related to the research in accounting, Business and also economic education studies such as a microeconomic, macroeconomic, development studies, behavioral economics, human resources management, finance, leadership management, marketing, accounting and research about education on economic. The journal also publishes an article related to banking studies, small and medium enterprises, the stock market, teaching model for economic studies. And also published the study of development policy. According to the scope, JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) welcome multidiscipline articles which related to the accounting, Business and also economic education studies This journal focuses on economics and education research by quantitative and qualitative approaches. There are many more problems related to the economics study and education problems. Therefore, accounting, Business and also economic education studies only publishes original research of accounting, Business and also economic education studies. The journal aims to publish a scientific article from researchers from Indonesia and other countries.
Articles 31 Documents
PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LOBALAIN Liti Remildo Henukh; Jacob Abolladaka; Erika Feronika Br Simanungkalit
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 1 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i1.6412

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lobalain. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan beberapa faktor, salah satunya motivasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan dorongan atau penggerak siswa untuk belajar demi mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Game Online terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lobalain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik quota sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa dari kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lobalain. Penelitian ini berjenis korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liniear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lobalain. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana menggunakan aplikasi statistik SPSS 21 diperoleh nilai taraf Sig = 0.000 < 0.05, dengan nilai t = 4.180 > 2.024.
PENGARUH KARAKTER, KEMAMPUAN, MODAL, JAMINAN DAN KONDISI EKONOMI TERHADAP KEMAMPUAN PENGEMBALIAN PIUTANG PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) KREDIT UNION SERVIAM CABANG OEBUFU Jacob Abolladaka; Yeheskial Nggandung; Erika Feronika Br Simanungkalit
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 1 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i1.6506

Abstract

operasi Simpan Pinjam (KSP) Kredit Union Serviam mempunyai kegiatan utama yaitu membentuk dana dari anggota sehingga membentuk modal dan kemudian dipinjamkan kembali kepada anggota yang membutuhkan untuk tujuan yang produktif dan kesejahteraan anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota koperasi kredit yang menerima kredit pada tahun 2018, 2019 dan 2020 yang berjumlah 1133 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini lebih besar dari 100 orang. Teknik Pengumpulan Data, Teknik wawancara, Studi Dokumentasi, Kuesioner. Teknik Analisis Data, Analisis regresi berganda dan Analisis Regresi Linear sederhana. Berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa faktor karakter, kemampuan/kesanggupan, modal, jaminan, dan kondisi ekonomi berpengaruh terhadap kemampuan pengembalian piutang. Berdasarkan hasil uji F, diperoleh nilai Fhitung 8,131 > nilai Ftabel = 2,92. Artinya semua variabel bebas dilakukan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan pengembalian piutang. Oleh karena itu maka keputusannya menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada pengaruh yang signifikan dari variabel (karakter, kemampuan, modal,jaminan dan kondisi ekonomi) terhadap kemampuan pengembalian piutang.
PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI Asnat Cornelia Bani Bili
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 1 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i1.6529

Abstract

Mata kuliah dasar-dasar akuntansi adalah mata kuliah pada semester gasal yang diprogramkan setiap mahasiswa pendidikan Ekonomi FKIP Undana. Mata Kuliah yang berisi perhitungan angka-angka dalam bidang keuangan harus diajarkan dengan metode yang tepat sehingga kemampuan yang diharapkan dapat tercapai. Metode Drill di terapkan dalam Penelitian Tindakan Kelas yang subyek penelitiannya adalah 32 Orang Mahasiswa Semester I Kelas A. Pelaksanaan dalam 2 siklus dengan tahapan pelaksanaannya dimulai dengan perencanaan, penerapan metode drill, pengamatan dan refleksi sebagai tahapan akhir. Berawal dari kondisi awal sebelum penerapan metode drill sebanyak 46 % saja mahasiswa yang mampu menyelesaikan pekerjaan akuntansi, karena itu melalui siklus Penelitian ini diperoleh hasil dari Siklus yang pertama adalah 56 % dan siklus yang ke-2 terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan siklus akuntansi perusahaan jasa sebesar 81 %.
ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA PADA MASA COVID-19 : ADAM SMITH Fernando Saragih
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 1 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i1.6609

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan gambaran sebenarnya dari kehidupan suatu negara. Tingkat pertumbuhan ekonomi akan menentukan kemakmuran suatu negara, sehingga kondisi ini perlu mendapat perhatian khusus. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melihat pengaruh faktor pertumbuhan ekonomi menurut Adam Smith, dimana faktor tersebut adalah akumulasi modal, pertumbuhan ekonomi penduduk di negara Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode explanatory survey dan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder akumulasi modal (investasi) dan jumlah penduduk (penduduk) di Indonesia dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2020. Sebelum data diproses perlu dilaksanakan syarat regresi berganda yakni asumsi klasik (telah dinyatakan lolos asumsi klasik) sehingga penelitian ini dapat dilanjutkan pada tahapan analisis regresi berganda (dengan bantuan aplikasi SPSS 21) untuk melihat dampak akumulasi modal (investasi baik dari dalam maupun luar negeri), populasi (populasi) pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia, sebagian dan bersamaan. Dari penelitian ini, telah diperoleh bahwa akumulasi modal (investasi) memiliki dampak negatif (-0,001) dan berpengaruh secara signifikan, sedangkan populasi (populasi) memiliki dampak positif (0,097) dan bermakna untuk pertumbuhan ekonomi
CIRI GANDA KOPERASI DAN PERMASALAHANNYA Markus Umbu K Yewang
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 1 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i1.6625

Abstract

Koperasi merupakan salah satu pelaku ekonomi nasional yang memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan badan usaha lainnya, yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Adapun karakteristik yang dimiliki koperasi dan tidak dimiliki oleh badan usaha lainnya, adalah bahwa koperasi memiliki ciri ganda, yaitu unsur ekonomi dan unsur sosial. Koperasi memiliki unsur ekonomi, yang artinya bahwa koperasi sebagai badan usaha harus melaksanakan berbagai kegiatan bisnis dan atau melaksanakan kegiatan bisnis tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba, dimana di dalam koperasi dikenal dengan nama Sisa Hasil Usaha (SHU). Pada akhirnya koperasi tersebut dapat dikembangkan usaha bisnisnya sekaligus dapat memenuhi berbagai kebutuhan para anggota secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Unsur sosial dari koperasi adalah bahwa koperasi bukanlah kumpulan modal, melainkan kumpulan orang-orang yang mempunyai karakter kesukarelaan dan mau bekerja sama sebagai perwujudan dari asas gotong royong dan kekeluargaan. Permasalahan yang dihadapi koperasi di dalam mengimplementasikan cirri ganda tersebut adalah antara lain tidak adanya pembagian tugas yang jelas antara pengurus dengan pengelola koperasi, dalam hal ini badan pengurus koperasi dengan manajer koperasi. Tidak jelas siapa yang seharusnya melaksanakan unsur ekonomi dan siapa yang melaksanakan unsur sosial koperasi.
IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSA CENDANA SAAT PANDEMI COVID-19 Andri Paulus Loe
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 1 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i1.6637

Abstract

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini untuk menegtahui implemenatsi model problem solving dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang mengambil program mata kuliah Ekonomi Pembangunan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan juga Tes kempuan awal serta kemampuan akhir mahasiswa. Hasil tes kemapuan awal menunjukan bahawa dari 44 mahasiswa yang lulus 12 orang atau 27% dan 32 mahaiswa tidak tuntas 73%. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil tes akhir pada siklus I dan siklus II menjukan adanya peningkatan dimana dari hasil tes pada siklus I dari jumlah 44 mahasiswa yang tuntas 19 orang (43%), tidak tuntas 25 orang (57%). Hasil tes pada siklus II menujukan bahawa seluruh mahasiswa berjumlah 44 orang tuntas dalam tes akhir (100%). Berdasarkan hasil tes akhir tersebut dapat disimpulkan bahwa penearapan model pembelajaran problem solving ini dapat meningkatan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi UNDANA.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS 11 DI SMA NEGERI 1 KIKIM SELATAN Rachel Angelysca; Hasan Hasan
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 2 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i2.7799

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan video pembelajaran seni tari dindin badindin siswa kelas 11 di SMA Negeri 1 Kikim Selatan. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kikim Selatan yang berjumlah 33 Orang. Dari hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha dapat diterima atau thitung > ttabel (44,64 > 1,694). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran seni tari siswa kelas 11 di SMA Negeri 1 Kikim Selatan.
KEWAJIBAN DAN HAK ANGGOTA KOPERASI Markus Umbu K Yewang
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 2 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i2.8230

Abstract

Koperasi merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki kepentingan bersama dan secara bersama-sama pula melakukan usaha, guna mencapai kesejahteraan hidup. Oleh karena itu koperasi dibentuk dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota dengan berlandaskan asas kekeluargaan. Untuk keteraturan dalam usaha pencapaian tujuan koperasi, maka koperasi tersebut harus memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang dapat mengatur tentang kewajiban dan hak anggota koperasi. Adapun kewajiban antara lain: mematuhi AD dan ART serta keputusan Rapat Anggota, berpartisipasi dalam usaha koperasi dan memelihara bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan. Selain kewajiban, maka setiap anggota koperasi juga mempunyai hak antara lain: menghadiri, menyatakan pendapat dan memberikan suara dalam Rapat Anggota, memilih dan atau di pilih menjadi anggota pengurus atau pengawas, meminta diadakan Rapat Anggota, mengemukakan pendapat atau saran kepada pengurus diluar Rapat Anggota, memanfaatkan koperasi dan mendapat pelayanan yang sama serta mendapatkan keterangan mengenai perkembangan koperasi.
PENGARUH EFIKASI DIRI DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNDANA Amidah Amidah
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 2 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i2.8236

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kemandirian belajar yang menekankan pada kemampuan siswa dalam mengambil inisiatif sendiri, merancang, melakukan, serta mengevaluasi kegiatan belajarnya pada saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi efikasi diri dan teman sebaya terhadap pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini didasarkan pada metode survei berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi berganda (SPSS 21) setelah melakukan kuesioner kepada 65 mahasiswa yang memberikan tanggapan. Berdasarkan analisis tersebut ditemukan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap kemandirian belajar yaitu . Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan besar pengaruh teman sebaya terhadap kemandirian belajar yaitu . Sehingga secara simultan penelitian ini juga menjelaskan pengaruh efikasi diri (self-efficacy) dan teman sebaya berpengaruh terhadap kemandirian belajar, di mana dalam hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan yakni. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan pengaruh yang yang positif signifikan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI PENGERTIAN DAN MANFAAT PENDAPATAN NASIONAL DI KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022 jacob abolladaka; monica bellandina abolla
Journal Economic Education, Business and Accounting Vol 1 No 2 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jeeba.v1i2.8270

Abstract

Mind mapping (peta pikiran) atau peta konsep merupakan salah satu metode atau cara mengajar yang menumbuhkan kreativitas peserta didik. Dengan metode ini daya ingat siswa mengenai materi dapat lebih lama dan mudah disimpan. Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui peninngkatan hasil belajar pada materi pengertian dan manfaat pendapatan nasional, dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk melihat kecendurungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil peneltian pada tahapan siklus I sebanyak 18 orang siswa atau 41% dari 44 orang siwa dinyatakan belum tuntas, hal ini disebabkan penggunakan model yang kurang tepat. Sedangkan siklus II hasil belajar semua siswa dinyatakan tuntas, hal ini menggambarkan dalam proses pembelajaran menggunakan model mind mapping pada siklus II berhasil. Dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind mapping dalam mata pelajaran ekonomi dengan materi pengertian dan manfaat pendapatan nasional hasil belajar siswa meningkat.

Page 1 of 4 | Total Record : 31