Journal Economic Education, Business and Accounting
Vol 1 No 2 (2022): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI KELURAHAN FATUKBOT KECAMATAN ATAMBUA SELATAN KABUPATEN BELU

Maria Yosepha Sintia Kasa (Undana)
jacob Abolladaka (Undana)
Erika Feronika Br Simanungkalit (Undana)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan juga tersistem untuk mewujudkan keadaan belajar maupun sistem evaluasi yang baik dengan tujuan untuk menumbuhkan kemampuan yang ada pada diri seseorang. Dalam melaksanakan sistem pendidikan banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tingkat pendidikan. Untuk itu, peneliti tertarik untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan anak khususnya di Kelurahan Fatukbot Kecamatan Atambua Selatan Kabupaten Belu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu mengguanakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengupulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Social Situation dalam penelitian ini adalah anak yang berada pada Kelurahan Fatukbot Kecamatan Atambua Selatan Kabupaten Belu. Pada penelitian ini, untuk menganalisis data digunakan uji kredibilitas dan uji dependabilitas serta model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil yang diperoleh, bisa disimpulkan beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan anak di Kelurahan Fatukbot, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu ialah motivasi individu, motivasi orang tua, ekonomi keluarga, kondisi sosial serta aksebilitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEEBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) is a research base journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Negeri Jakarta Indonesia. The journal published two times per year in april and October. This journal started publishes since 2022. The scope and ...