Journal Economic Education, Business and Accounting
Vol 1 No 1 (2022): Prosiding Pendidikan ekonomi

Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 2 Amarasi

Saverinus Amsikan (Universitas Nusa Cendana)
Markus Umbu K Yewang (Undana)
fernando saragih (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2023

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, pengaruh lingkungan keluarga terhadapn hasil belajar siswa, dan pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas IPS di SMAN 2 Amarasi. Sampel penelitian diperoleh melalui metode stratifit random sampling sebanyak 81. Metode investigasi yang digunakan adalah berbagai pemeriksaan relaps langsung dengan tes terukur antara lain: investigasi faktual ekspresif, wawasan inferensial dan uji t. Penelitian ini menggunakan bantuan hasil olahan SPSS 22,0 2016. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam beberapa hal inspirasi mempengaruhi hasil belajar siswa, iklim keluarga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan secara simultan motivasi belajar Terlebih lagi, iklim keluarga mempengaruhi hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEEBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) is a research base journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Negeri Jakarta Indonesia. The journal published two times per year in april and October. This journal started publishes since 2022. The scope and ...