FingeR: Journal of Elementary School
Vol. 1 No. 2 (2022): Edisi Desember

Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Ayu Marlina (Universitas Nurul Huda)
Tri Ratna Dewi (Universitas Nurul Huda)
Ahmad Taufiq Yuliantoro (Universitas Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di kelas VI SD Muhammadiyah 048 Sumber Asri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif,dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahap reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dalam penelitian ini diperolah hasilbahwa strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yaitu pada penerapannya guru melaksanakan peraturan kelas, memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan, memberikan hadiah/penghargaan kepada siswayang memiliki prestasi yang baik dan konsistensi dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Kendala guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa salah satunya yaitu kurangnya kesadaran dalam diri siswa dan pemahaman siswa tentang pentingnya disiplin belajar. Adapun solusi guru yaitu melalui contoh dan teladan yang baik yang diberikan oleh guru kepada siswa kaitannya dengan kedisiplinan agar semua siswa mempunyai perilaku yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FingeR

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

FingeR (Journal of Elementary School) is a journal of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Primary School/ Basic Education/ MI/ SD which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency in PGMI/PGSD/MI/SD 2. Learning strategies in PGMI/PGSD/MI/SD ...