Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan gerbang awal generasi muda bangsa Indonesia mendapatkan pengetahuan dan keterampilan kreatif. Dalam perkembangannya PAUD bernilai esensial dalam proses belajar anak. Proses pendidikan yang asyik dan kreatif membuat daya nalar anak terangsang dengan baik. Selain itu keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik juga diupayakan untuk berkembang dengan pesat. Pembelajaran di PAUD menyentuh konsep-konsep dasar keterampilan tersebut, khususnya yang terkait dengan inteligensia kebahasaan. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perhatian khusus pada materi yang diajarkan dan metode penyampaiannya yang dalam hal ini ialah bahasa asing. Sesuai dengan amanah peta jalan pengabdian kepada masyarakat Prodi Sastra Inggris, Universitas Muhammadiyah Lampung memberikan pelatihan kepada guru-guru PAUD Nasyiatul Aisyiha untuk meningkatkan kapabilitas dalam pengajaran bahasa Inggris bagi anak PAUD. Kegiatan ini dilakukan dengan metode partisipatif dalam beberapa tahapan yaitu koordinasi dengan pengurus PAUD, survey lapangan, dan pelaksanaan program. Hasil dan implementasi ialah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pendidik dalam menyusun bahan ajar dan menerapkan metode pengajaran yang efektif bagi peserta didik. Kata kunci: PAUD, Bahan Ajar, Metode Pembelajran, Bahasa Inggris
Copyrights © 2023