Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2023): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Peranan Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Maria Martha Manao (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Agustina C B Sihite (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Tutiarny Naibaho (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Ruthmayasari Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran tidak serta merta dilaksanakan oleh para guru, karena guru lebih menitikberatkan evaluasi terhadap hasil belajar, padahal jika dilihat pendidikan tidak hanya berorientasi pada hasil tetapi juga proses, oleh karena itu evaluasi hasil dan proses pembelajaran seharusnya dilaksanakan secara seimbang. Tanpa mengadakan evaluasi proses pembelajaran, tidak akan diketahui secara pasti penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan dengan mengutamakan hasil belajar lebih cenderung menyalahkan siswa sekiranya hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan. Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari efisiensi, efektivitas, relevansi, dan produktivitasnya. Agar penilaian dapat dilakukan secara objektif, maka diperlukan beberapa sumber data yang meliputi tenaga kependidikan, siswa, dan orang tua. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah proses pembelajaran. Oleh karena itu jika proses pembelajarannya baik maka diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...