Jurnal Inovatif Wira Wacana
Vol 2 No 1 (2023): April 2023

Sistem Informasi Promosi Kain Tenun Ikat Sumba Timur Berbasis Website ( Studi Kasus : Desa Kaliuda Kecamatan Pahunga Lodu)

Roslin Meha (Program Studi Tkenik Informatika Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
Yustina Rada (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
Desy Asnath Sitaniapessy (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Tenun ikat di Sumba Timur memiliki motif yang beragam karena setiap pulau memiliki motif yang berbeda. Tenun Ikat di Desa Kaliuda merupakan sentra tenun di Sumba Timur. Kain tenun yang diproduksi Desa Kaliuda memiliki kualitas terbaik di Sumba Timur. Desa Kaliuda merupakan salah satu desa yang saat ini sedang berkembang dan bergerak di bidang penjualan kain tenun Sumba Timur yaitu pakaian pria berbentuk segi empat disebut Hinggi, pakaian adat wanita disebut Lawu atau sarung, sedangkan selendang dipakai keduanya. pria dan wanita tersampir di bahu. Kualitas tenun Kaliuda dinilai paling tinggi di Sumba, karena kainnya lentur, ringan, dan bisa dijadikan pakaian. Sekitar 90% masyarakat Desa Kaliuda adalah penenun, sehingga kain tenun merupakan sumber pendapatan utama di desa ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan promosi tenun ikat di Desa Kaliuda dengan merancang sistem informasi promosi berbasis web. Sistem ini menggunakan model waterfall dan pengujian sistem menggunakan Black Box. Hasil dari penelitian ini adalah pengguna dapat mengakses website untuk promosi kain tenun di Desa Kaliuda. Sistem ini dapat memperluas penyampaian informasi tentang Sumba Timur di Desa Kaliuda. Kesimpulannya, selain promosi, sistem ini juga dapat meningkatkan animo masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inovatif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Ruang lingkup Jurnal Informatics Networks Optimization Versatility Algorithm Teknik Informatika Wira Wacana (Jurnal INOVATIF WIRA WACANA): Teknologi Informasi (Information Technology), Sistem Informasi (Information Systems), Sistem Informasi Geografis (Geo Information System), Sistem Komputer dan ...