Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 4 langkah yang meliputi : 1)observasi, 2)pengumpulan data, 3)wawancara, 4) analisis data. Dalam pengamatan peneliti mengamatati bagaimana guru menggunakan media ajar dalam pembelajaran, berdasarkan pengamatan peneliti mengumpulkan data dan kemudian melaksanakan wawancara mengenai media ajar yang digunakan. Melalui wawancara kemudian ditarik kesimpulan faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Hasil analisis data menunjukkan tidak semua guru memenuhi kriteria guru kreatif karena lemahnya pengetahuan kreativitas, namun guru terus menyempurnakan kreativitas dalam dirinya, sehingga kreativitas menjadi milik guru. Pengaruh kreativitas ini membuat anak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran
Copyrights © 2023