JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Inovasi Guru BK dalam Memberikan Layanan BK di Tingkat SMP

Dwi Agustina Kurnianingasih (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Indri Ariani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Raisya Nafilah Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Salsabila Henrita Sari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Wahyu Indah Sari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rizki Akmalia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis inovasi guru bk dalam memberikan layanan bk di tingkat SMP. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Topik penelitian ini merupakan sumber data dari wawancara lapangan, yaitu informasi yang diberikan oleh guru bimbingan konseling tentang masalah tersebut dan penilaian peneliti. Responden penelitian ini yaitu Guru Bk, penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Negeri 35 Medan. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawacara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu bahwa dalam bidang bimbingan dan konseling, inovasi dapat dimaknai sebagai usaha untuk mewujudkan suatu gagasan, pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman, metode, cara, atau sarana dalam menciptakan atau memperbaiki suatu produk, proses, dan layanan dalam bidang bimbingan dan konseling, agar mampu memberikan nilai yang berarti atau signifikan dan menjadi solusi dari suatu pemecahan masalah konseli/siswa. Setiap guru BK harus selalu berusaha bekerja dan memberi layanan yang terbaik pada peserta didik, guru BK tidak boleh puas dengan kerja standar yang sudah dilakukan sekarang Guru BK harus terus mempertanyakan perbaikan apa yang bisa dilakukan, apalagi saat pandemi dan siswa melakukan belajar dari rumah (BDR). Guru BK juga perlu menggali dan mengembangkan terus keahlian mereka untuk menciptakan layanan BK yang menarik dan bermakna

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...