JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Distribusi Sampling Beda Dua Proporsi Berdasarkan Prosedur Newman

Ek Ajeng Rahmi Pinahayu (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Aulia Ar Rakhman Awaaludin (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Luh Putu Widya Adnyani (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Selli Mariko (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Nani Mulyani (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Sri Yono (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Masalah yang dialami dosen dalam mengampu mata kuliah statistika ialah tidak kuatnya konsep dasar yang dimiliki mahasiswa. Dalam pengerjaan soal sering kali terdapat prosedur atau langkah yang keliru. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian yang menganalisis kesalahan tersebut agar menjadi dasar dosen untuk memperbaiki pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya kesalahan dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal distribusi sampling berdasarkan prosedur Newman. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester V program studi Teknik Informatika Universtas Indraprasta PGRI tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif, dengan pemilihan subjek yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes, observasi, wawancara juga dokumentasi. Selanjutnya dilanjutkan dengan triangulasi dari data yang diperoleh. Hasil kesimpulan menyatakan bahwa subjek MT, MS dan MR mengalami process skill eror walaupun kesalahan yang dilakukan berbeda pada setiap prosedurnya. Kemudian subjek MS dan MR mengalami encoding eror karena faktor tidak terbiasa menuliskan kesimpulan dan juga proses perhitungan yang belum selesai. Dari hal tersebut dosen mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering kali dilakukan mahasiswa, sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...