JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Konseling Cara Menyusui terhadap Praktik Menyusui yang Benar di Puskesmas Peterongan Jombang Tahun 2021

Gempi Tri Sumini (Program Studi S1 Kebidanan, STIKes Husada Jombang)
Wahyu Anjas Sari (Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, STIKes Husada Jombang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Menyusui merupakan bagian dari masa nifas yang terpenting, karena bayi memerlukan Air Susu Ibu (ASI) untuk pertumbuhan dan perkembangannya. ASI mengandung komposisi nutrisi yang ideal dari ibu, serta mudah dicerna oleh bayi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi experimental designs), karena peneliti tidak melakukan randomisasi kepada anggota-anggota kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rancangan penelitian ini menggunakan test awal dan test akhir dengan Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu nifas, sampel dalam penelitian ini adalah ibu nifas yang melahirkan di puskesmas peteronga pada bulan oktober-November 2021 yang berjumlah 38 orang, Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling,Variabel bebas Pemberian konseling cara menyusui yang benar,variabel terikat Praktik menyusui yang benar. Praktik menyusui bayi dari 38 responden rata-rata skor pretest kelompok eksperimen adalah sebesar 11,05 dan rata-rata skor pretest kelompok kontrol 10,61. Praktik menyusui bayi dari 38 responden rata-rata skor postest kelompok eksperimen adalah sebesar 12,95 dan rata-rata skor postest kelompok kontrol adalah sebesar 10,83. Ada pengaruh konseling cara menyusui dengan praktik menyusui yang benar dimana t hitung > t table (3,788 > 2,028) dan p = 0,000 (p<0,05). Dari penelitian pengaruh konseling cara menyusui terhadap praktik menyusui yang benar di puskesmas peterongan jombang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...