JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Berat Badan Balita Usia 1-5 Tahun di PMB NY.ā€Sā€ Surabaya

Wahyu Anjas Sari (Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, STIKes Husada Jombang)
Gempi Tri Sumini (Program Studi S1 Kebidanan, STIKes Husada Jombang)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Pertumbuhan berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap perkembangan balita. Peningkatan dan penurunan berat badan harus diperhatikan pada saat balita. Berat badan yang meningkat mengindikasikan status gizi yang baik. Status gizi yang baik dapat dicapai bila tubuh memperoleh cukup zat-zat gizi yang dekuat, sehingga memungkinkan terjadinya pertumbuhan fisik. Rangsangan atau stimulasi berupa terapi sentuh dan pijat juga mempengaruh peningkatan berat badan. Para pakar telah membuktikan bahwa terapi sentuh dan pijat menghasilkan perubahan psikologi yang menguntungkan berupa peningkatan pertumbuhan, peningkatan daya tahan tubuh, dan kecerdasan emosi yang lebih baik. Pijatan bayi merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk menghilangkan ketegangan dan kerewelannya. Karena pijatan lembut akan membantu mengendurkan otot-ototnya sehingga ia menjadi tenang dan tertidur Desain penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan pra-eksperimen, dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling, jumlah responden 31 balita. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariate dengan uji Wilcoxon (? = 0,05). Dari analisis menunjukkan Hasil uji statistik Wilcoxcon sign rank test dengan tingkat kesalahan ? : 0,05 dengan bantuan software SPSS didapatkan hasil nilai p (value) 0.00 < ? (0.05). Hasil ini menunjukan bahwa H0 ditolak yang berarti ada pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan berat badan pada balita usia 1-5 tahun. yang dilakukan di PMB Ny.S Surabaya Tahun 2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...