SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2 (2023): July - December

Pengaruh online customer review, promosi, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian e-commerce Shopee di kota Batam

Susi Angelina Nasution (Universitas Putera Batam)
Asron Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh online customer review, promosi, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian e-commerce Shopee di Kota Batam. Dewasa ini pembelian tidak haya terjadi di luar jaringan, namun dalam jaringan menjadi alternatif yang menjanjikan mengingat kepraktisannya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui google form kepada 399 sampel yang bertempat tinggal di Batam dan telah melakukan pembelian di Shopee serta dengan penentuan sampel dengan metode purposive sampling, data kemudian diproses menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini ialah Online Customer Review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee di Batam. Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee di Kota Batam Kemudahan Penggunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee di Kota Batam. Online Customer Review, Kemudahan, dan Promosi, memiliki pengaruh secara simultan, positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee di Kota Batam. Keywords: Online Customer Review, Online Customer Rating, Ease of Use, Customer Puschase Decision.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...