Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning untuk sekolah penggerak fase F Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Padang pada materi asam basa. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui kevalidan dan tingkat kepraktisan dari LKPD yang akan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Education Design Research (EDR). Penelitian ini memiliki tiga tahap yaitu Preliminary Research, Development or Prototyping phase, dan tahap Assessment. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap prototipe. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validitas dan praktikalitas. Data validasi dianalisis menggunakan skala Aiken’s V. Berdasarkan hasil angket validitas dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid dengan nilai V sebesar 0,85 dengan kategori valid. Sedangkan, hasil dari praktikalitas guru dan peserta didik didapatkan nilai NP berturut-turut sebesar 92% dan 90%dengan kategori sangat praktis.
Copyrights © 2023