JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Sekolah Penggerak Fase F SMAN 15 Padang Materi Asam Basa

Yulinda Sari (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang)
Okta Suryani (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning untuk sekolah penggerak fase F Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Padang pada materi asam basa. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui kevalidan dan tingkat kepraktisan dari LKPD yang akan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Education Design Research (EDR). Penelitian ini memiliki tiga tahap yaitu Preliminary Research, Development or Prototyping phase, dan tahap Assessment. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap prototipe. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validitas dan praktikalitas. Data validasi dianalisis menggunakan skala Aiken’s V. Berdasarkan hasil angket validitas dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid dengan nilai V sebesar 0,85 dengan kategori valid. Sedangkan, hasil dari praktikalitas guru dan peserta didik didapatkan nilai NP berturut-turut sebesar 92% dan 90%dengan kategori sangat praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...