SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Manajemen Pelayanan Kedatangan Dan Keberangkatan Kapal Dalam Menunjang Kelancaran Angkutan Laut

Irman Irman (Politeknik Maritim AMI Makassar)
Parawansa Parawansa (Politeknik Maritim AMI Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui proses Manajemen Pelayanan Kedatangan Kapal dan dokumen yang diperlukan serta instansi yang terkait; Untuk mengetahui kesediaan Fasilitas Kepelabuhanan yang menunjang kelancaran angkutan laut khususnya di Pelabuhan Panggulubelo Wanci; Untuk memahami tahapan pelayanan kedatangan dan keberangkatan kapal di KUPP Kelas III Wanci; Untuk mengetahui realisasi kunjungan kegiatan kapal dan bongkar muat selama tahun 2021 – 2022 di Pelabuhan Panggulubelo Wanci. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan hasil penelitian yang menemukan fakta empiris bahwa dengan adanya manajemen pelayanan dan penanganan kegiatan debarkasi embarkasi dan bongkar muat barang yang kurang optimal karena dampak dari kurangnya fasilitas yang memadai dan proses penyelesaian dokumen – dokumen bongkar muat barang dan penumpang antara pihak perhubungan laut, sehingga terdapat hambatan – hambatan pada proses debarkasi embarkasi dan bongkar muat dari dermaga ke atas kapal dan sebaliknya. Kata Kunci: Manajemen, Pelayanan, Keberangkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...