JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pemanfaatan Model Think Pair Share dalam Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas V Sekolah Dasar

Amory Nauli Berliana (Universitas Negeri Padang)
Tin Indrawati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share di SDN 01 Bandar Buat Kota Padang. Penelitian tindakan kelas menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dalam jenis penelitian ini. Metodologi penelitian terdiri dari menyusun, melaksanakan, memperhatikan dan merefleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru kelas di SDN 01 Bandar Buat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan: a) RPP siklus I mendapat rata-rata 84,7% (B) dan peningkatan pada siklus II mendapat rata-rata 94,4% (SB); b) Aktivitas guru pada siklus I mendapat rata-rata 85% (B) dan peningkatan pada siklus II mendapat rata-rata 95% (SB); c) Aktivitas siswa pada siklus I mendapat rata-rata 80% (B) dan peningkatan pada siklus II mendapat rata-rata 90% (SB); d) Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72.1 peningkatan pada siklus II menjadi 82.3

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...