Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas IV B. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif (Descriptive Research). Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan informan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa perencanaan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas IV B yaitu membuat modul ajar yang meliputi penentuan materi, menetapkan tujuan pembelajaran, bahan ajar, sarana prasarana, membuat langkah kegiatan pembelajaran TGT, mempersiapkan game, dan menentukan evaluasi. Pelaksanaan model pembelajaran TGT terdiri dari tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kemudian evaluasi model pembelajaran TGT terbagi menjadi dua yaitu assesmen formatif dengan lembar kerja pengamatan aktivitas peserta didik dan sumatif dengan tes.
Copyrights © 2023