JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pemberdayaan Masyarakat Kampung Tematik Jamrut melalui Budidaya Perkebunan di Kelurahan Ngijo Kecamatan Gunungpati

Inayatul Ilahiyah Asshodiqoh (Universitas Negeri Semarang)
Ilyas Ilyas (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum maksimalnya masyarakat dalam pengelolaan perkebunan yang mana membuat perekonomian masyarakat masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang proses pemberdayaan masyarakat melalui budidaya perkebunan di Kampung Tematik Jamrut di Kelurahan Ngijo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian sebanyak enam orang, yaitu ketua pengelola, ketua KWT (Kelompok Wanita Tani), ketua kelompok tani ngudi boga, ketua pokdarwis (kelompok sadar wisata), dan dua masyarakat yang mengikuti kegiatan pemberdayaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan penelitian menjelaskan bahwa proses pemberdayaan masyarakat dibagi menjadi tujuh tahap yaitu penyadaran, menunjukkan adanya masalah, membantu pemecahan masalah, menunjukkan pentingnya perubahan, melakukan pengujian, memproduksi dan publikasi informasi, dan penguatan kapasitas. Proses pemberdayaan dimulai dari sosialisasi dari dinas pertaanian, adanya masalah dalam masyarakat yang ditangani oleh dinas pertanian, adanya perubahan dalam masyarakat, masyarakat diberikan praktek secara langsung di lapangan, materi yang dibuat disesuaikan dengan kondisi masyarakat, dan masyarakat diberikan kebebasan dalam mengakses informasi dan proses pembangunan lokal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...