JISHUM Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 1 No. 4 (2023): Juni (JISHUM Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora)

Pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan siswa kelas II pemecahan soal cerita matematika di SDN Kutisari 1 Surabaya

Atifah Tunnihla (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Rudi Umar Susanto (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Nafiah Nafiah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Suharmono Kasiyun (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Syamsul Ghufron (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya siswa sekolah dasar dalam memahami soal cerita mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap pemecahan soal cerita matematika peserta didik kelas II. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian non-eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes tulis. Hasil penelitian yang diolah menggunakan SPSS Statistic 26, menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,696, sehingga tidak adanya pengaruh signifikan keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. Kata Kunci: keterampilan membaca, membaca pemahaman, soal cerita matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jishum

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora [e-ISSN 2962-0120] | DOI 10.57248] is intended to develop itself as a pioneer journal in social sciences and humanities. Starting from the year 2022, it publishes all papers in English and Indonesian. Areas relevant to the scope of the journal include Social ...