Stabilitas
Vol 1 No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1, Juni 2020

KRITERIA PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PENDIDIKAN JASMANI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA BANJARBARU SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020

Rezza Mei Rinzani (Universitas Lambung Mangkurat)
Said Abdillah (Universitas Lambung Mangkurat)
Rahmadi Rahmadi (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sosialisasi dari guru-guru PJOK di Banjarbaru tentang Kurikulum 2013 terkhusus pada proses penilaian yang sesuai. Maka diambil tujuan dalam penelitian tersebut bahwa untuk mengetahui kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani dan level kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani pada proses belajar mengajar berdasarkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2019/2020. Metode yang dipilih yaitu dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenisnya yaitu dengan teknik survei dan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dari RPP dan LKPD dari pendidik. Untuk sampelnya ialah Sekolah Menengah Atas Negeri yang bermitra dengan ULM di Kota Banjarbaru yang berjumlah 2 sekolah yaitu SMAN 3 Banjarbaru dan SMAN 2 Banjarbaru. Hasil penilitian bahwa menyatakan SMAN 3 Banjarbaru sudah membuat kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani kemudian level kriteria penilaian aspek psikomotornya dengan nilai yang berturut-turut 86% pada Basic Fundamental, 8% Perceptual Abilities, dan 6% Physical Ability. Sedangkan untuk SMAN 2 Banjarbaru tidak membuat kriteria penilaian sehingga dapat dikatakan belum sesuai dengan kurikulum 2013 karena tidak membuat lembar penilaian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mpj

Publisher

Subject

Education Public Health

Description

Dasar falsafah STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga adalah keseimbangan antara Psikomotor, Kognitif, dan ...