JEID
Vol. 1 No. 2 (2021)

Analisis Kemampuan Problem Solving Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Kompleks Ditinjau dari Kemampuan Awal

Annisa Prima Exacta (universitas veteran bangun nusantara)
Krisdianto Hadiprasetyo (universitas veteran bangun nusantara)
Afif Afghohani (universitas veteran bangun nusantara)
Erika Laras Astutiningtyas (universitas veteran bangun nusantara)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan problem solving mahasiswa ditinjau dari kemampuan awal. Penelitian ini dilakukan di progdi pendidikan matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara pada mata kuliah Analisis Kompleks dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data tentang kemampuan awal diperoleh dari pre-test, sedangkan data tentang kemampuan problem solving diperoleh dari hasil tes uraian dan hasil wawancara. Pengambilan subyek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data didapat kemampuan problem solving mahasiswa ditinjau dari kemampuan awal sebagai berikut. Mahasiswa dengan kemampuan awal tinggi berada pada kategori kemampuan problem solving completion, substance, dan approach. Sedangkan, mahasiswa dengan kemampuan awal sedang dan rendah berada pada kategori kemampuan problem solving substance, approach, dan result. Kata kunci : problem solving, kemampuan awal, analisis kompleks

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...