Dirkantara Indonesia
Vol. 1 No. 1: Maret-Agustus 2022

Perancangan Komunikasi Pemasaran Digital melalui Media Sosial di Era Industri 4.0 di Sekolah Cordova

Rayi Retno Dwi Asih (Universitas Trisakti)
Robert Kristaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Pesatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia dan jumlah angkatan kerja yang meningkat secara signifikan setiap tahunnya menyebabkan seluruh angkatan kerja tidak terserap karena kurangnya kesempatan kerja. Oleh karena itu, Indonesia harus menyiapkan wadah yang mampu mendidik warganya untuk berwirausaha, generasi yang mandiri secara mental, tidak bergantung pada orang lain untuk menyediakan lapangan kerja, tetapi mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri bahkan bagi banyak orang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti bekerjasama dengan Sekolah Cordova mengadakan pelatihan bagi mahasiswa dan calon wirausaha dengan tujuan untuk menambah wawasan dalam pemanfaatan digital marketing khususnya media sosial untuk mengatasi permasalahan. Tim mendeteksi dua masalah utama yang ditemukan di lapangan, yaitu: Kurangnya pemahaman mahasiswa dan calon wirausaha muda Indonesia tentang pengetahuan mengenai cara merancang komunikasi pemasaran digital. Kurangnya pemahaman mahasiswa dan calon wirausahawan muda tentang pemanfaatan media sosial. Solusi yang diberikan adalah Tim melakukan pelatihan bagaimana merancang komunikasi pemasaran digital dan bagaimana memasarkan produk melalui media sosial di era industri 4.0. Hasilnya: Jumlah pengguna media sosial meningkat 15%, jumlah peserta yang menganggap memiliki akun media sosial sangat penting meningkat 40%, Fungsi media sosial untuk promosi; meningkat sebesar 15%, penggunaan pasar untuk alat penjualan meningkat sebesar 45%, kemauan untuk mengubah cara berbisnis meningkat sebesar 35%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

di

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

irkantara Indonesia is is published by PT. Cendekia Sapta Indonesia. Its a biannual refereed journal concerned with the practice and processes of community engagement. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to explore issues and reflect on practices relating ...