Lok Seva: Journal of Contemporary Community Service
Vol 1, No 1 (2022)

Peningkatan Budaya Literasi pada Anak-Anak di Daerah Terpencil Menggunakan Metode Service Learning

Anggit Pangestu (Universitas Negeri Yogyakarta)
Yopi Malagola (Universitas Negeri Yogyakarta)
Savira Rahmasari (Universitas Negeri Yogyakarta)
Hilya Puspita (Universitas Negeri Yogyakarta)
Virgiandini Astary (Universitas Negeri Yogyakarta)
Siti Aisyah (Universitas Negeri Yogyakarta)
Siti Latifah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2023

Abstract

Rendahnya tingkat literasi di Indonesia salah satunya disebabkan oleh kurangnya perhatian yang serius oleh pemerintah terhadap kebudayaan literasi pada anak-anak khususnya di daerah-daerah terpencil. selain itu, pentingnya penerapan budaya literasi yang belum banyak disadari oleh masyarakat terutama di daerah pedesaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode Service Learning (SL). Metode Service Learning (SL) dilakukan dengan 6 tahapan yaitu 1) membentuk sebuah tim mahasiswa, 2) tahap investigasi 3) tahap persiapan 4) tahap tindakan 5) tahap refleksi 6) tahap demontrasi . Subjek dalam pengabdian ini adalah anak-anak di desa samberembe yang berjumlah 25 anak. Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk memperluas budaya literasi dan sastra anak dalam meningkatkan pemahaman critical thinking, collaboration, communication, creativity (4C). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak di desa masih terbatas pengetahuan mengenai budaya literasi dan sastra. Sehingga kegiatan pengabdian bermanfaat bagi pemahaman anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lokseva

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Lok Seva: Journal of Contemporary Community Service is a national scientific journal that publishes the results of community service from various perspectives, written in Indonesian or English. The scope of this journal study covers the fields of social sciences, humanities, and communication ...